Beranda > Backup, Blackberry, Pengalaman > Backup & Restore Blackberry : Mempersiapkan dan Mengatasi Saat Blackberry Bermasalah

Backup & Restore Blackberry : Mempersiapkan dan Mengatasi Saat Blackberry Bermasalah

Pada hari Minggu pagi 13 Mei 2012, saat sedang mengetik SMS kepada teman kuliah saya dulu, tiba-tiba keybord handset Blackberry (BB) Bold 9700 saya tidak merespon dengan baik. Saat mengetik beberapa huruf, respon keybord di layar sangat lambat.

Seperti dugaan Anda, setelah selesai menjawab SMS, saya memutuskan menggunakan cara yang lazim dilakukan pengguna BB apabila ada permasalahan : “shutdown, membuka penutup, melepas, kemudian memasang kembali battery BB.” Saya berharap agar cara tersebut manjur mengatasi permasalahan. Beberapa saat kemudian, lampu indikator BB menyala merah kemudian mati, saya tunggu hingga kemudian muncul logo BB dan indikator proses booting.

Namun anehnya, pada saat indikator proses booting baru sekitar 5%, tiba-tiba lampu indikator BB berwarna merah kembali dan proses booting berulang. Saya berupaya untuk “membantu” BB agar dapat booting normal dengan cara memasang charger, namun ternyata juga tidak menolong. Akhirnya saya berkesimpulan bahwa BB saya “gagal booting”. Saya masih berharap bahwa permasalahan BB saya hanya terbatas pada kerusakan battery. Oleh karena itu, kemudian saya bergegas mendatangi toko service BB resmi terdekat.

Alangkah kagetnya saya, pada saat permasalahan saya sampaikan kepada teknisi BB, dia memvonis bahwa Operting System (OS) BB saya rusak. Kalau di OS Windows atau Linux Ubuntu, saya memiliki pengalaman untuk install ulang apabila OS bermasalah. Namun terus terang saya belum memiliki pengalaman meng-install ulang OS Blackberry. Disamping itu, saya juga tidak memiliki “installer” OS Blackberry.

Teknisi BB bilang bahwa karena OS-nya rusak maka solusinya adalah harus diinstall ulang (flash). Konsekwensinya adalah membayar Rp. 200 ribu dan yang parah : seluruh data Kontak PIN BBM,  Grup BBM, Phonebook dan aplikasi yang terinstall sebelumnya akan HILANG SEMUA. Padahal, data itulah yang paling “keramat” di BB. Saya  jadi berpikir, inilah akibat dari “tukang oprek handset” : suatu saat handset akan terkapar dan menerima akibat terjelek yaitu rusak OS-nya !

Aduh … saya hanya bisa berharap agar vonis teknisi BB itu salah dan belum bisa merencanakan langkah selanjutnya. Namun yang pasti, BB harus bisa booting dulu dan semoga saya sempat menyimpan backup data di kartu memori BB saya. He … tunggu dulu, kayaknya saya pernah melakukan backup PIN dan Grup BB. Kayaknya saya juga mem-backup seluruh kontak saya ke account GMail saya (saya lihat setiap nambah daftar kontak (Phonebook), BB saya selalu sinkronisasi dengan account Gmail saya).

Saat saya tanyakan ke teknisi BB mengenai kemungkinan me-restore data backup tersebut dari kartu memori dan account GMail, dia menjawab dengan nada ragu : “Kayaknya nggak bisa pak, tapi coba saja nanti setelah selesai install ulang”.

Satu jam kemudian, saya datang lagi ke tempat service BB dan ternyata memang benar BB saya bisa booting dengan lancar, namun seperti diduga sebelumnya : seluruh data PIN, Grup BBM, Phonebook dan aplikasi hilang semua, kecuali aplikasi core BB : BBM, Facebook, Twitter, BB Aplication World dan semacamnya.

Langkah selanjutnya adalah berupaya  menenangkan diri dan mulai mencari backup PIN dan Grup BBM di kartu memori handset BB. Sudah terbayang risiko terjelek kalau backup data tidak ketemu : menghubungi satu persatu pemilik BB untuk invite ulang. Wow … alangkah repotnya. Saya berupaya mencari data backup menggunakan beberapa tool yang ada di BB, tapi data itu tetap tidak ketemu. Aduh … dimana tersimpan ya … atau saya memang belum pernah backup ?

Otak “tukang oprek” saya berpikir mencari cara agar mudah mencari data backup itu. Aha … gunakan komputer ! Buru-buru saya hidupkan laptop dan langsung aku tancapkan USB ke handset BB. Setelah laptop menyala dan mengenali dengan baik kartu memori BB, saya “perintahkan” laptop mencari semua file dan folder dengan nama “backup“. Dalam waktu sekejap, seluruh file dan folder yang berisi kata “backup” muncul di layar monitor. Ternyata secara default, BB Bold 9700 menyimpan data backup di folder :

“Blackberry/im/Blacberry Messenger/Nomor PIN/backup/”

Setelah lokasi backup tersebut terdeteksi, maka segera saya copot kabel USB BB dari Laptop. BB saya aktifkan dan masuk ke menu Blackberry Messenger, pilih menu Options, cari menu Restore, pilih Restore using backup file from device dan mengarahkan ke folder di atas. Dengan harapan yang sangat besar saya berharap agar seluruh PIN dan Grup BB dapat di-restore. Alhamdulillah … wow … pelan-pelan seluruh data itu  muncul kembali. Begitu gembiranya saya, satu masalah utama BB telah teratasi.

Masalah kedua adalah bagaimana mengembalikan daftar kontak telepon ke handset BB lagi. Seperti yang telah saya ceritakan di atas, setiap saat saya menambah daftar nomor telepon di handset BB, secara otomatis akan tersinkorinsasi ke account GMail saya. Masalahnya adalah saya belum tahu cara “mengembalikan” daftar nomor telepon dari Gmail ke handset BB saya. Bahkan setting account email agar bisa sinkronisasi secara otomatispun saya lupa caranya.

Sedangkan masalah ketiga adalah menginstall ulang aplikasi pilihan. Ini ternyata juga membutuhkan “kejelian” tersendiri.

Sebenarnya ada cerita cukup panjang mengenai proses kembalinya seluruh data nomor telepon dari account GMail ke handset BB saya dan cara install ulang aplikasi BB. Namun agar tidak membosankan, lebih baik saya  menyingkatnya dan hanya akan menceritakan bagian penting tata cara mem-backup dan me-restore : PIN dan Grup BBM, Phonebook dan menginstall ulang Aplikasi setelah BB diinstall ulang. Nah berikut tutorialnya :

1. Mem-backup PIN dan Grup BBM

Pilih Menu Blackberry Messenger –> Pencet Menu BB –> Pilih Options –> Scroll ke bawah sampai dengan Backup Management, pilih Backup

Saya menyarankan file backup tersebut agar disimpan ke awan (cloud). Gunakan Google Drive atau Dropbox versi gratis. Kenapa ? Untuk antisipasi, jika ternyata bukan OS BB-nya yang rusak tetapi justru misalnya BB hilang. Nah … apabila terpaksa ganti BB karena hilang, maka Anda dapat mendownload kembali dari backup di awan / internet (lihat contoh gambar Google Drive di bawah ini)

 

2. Mem-backup Phonebook via Account Gmail.

Pastikan bahwa Anda berlangganan Internet Full Service dari provider Anda dan telah mempunyai Account Gmail. Dari Home Screen –> Pilih menu Setup –> Email Settings –> Tunggu sejenak hingga muncul menu Email Account.

Pilih Add –> Pilih Gmail dan silakan isi nama account dan password Gmail –> Pilih Next dan tunggu BB akan melakukan konfigurasi account Gmail secara otomatis.

Untuk setting agar seluruh data kontak / phonebook tersinkronisasi secara otomatis dengan account Gmail caranya adalah : dari daftar account Email Pilih Account Gmail yang telah terdaftar–> pilih Edit –> Scroll ke bawah hingga pada menu + Synchronization Options –> Centang / pilih Contact dan Deleted items

Biasanya opsi sinkronisasi kontak phonebook secara otomatis akan muncul pada saat pertama kali melakukan penambahan account email di BB.

3. Restore PIN dan Grup BBM

Ini tidak perlu saya jelaskan lagi ya, karena telah saya ceritakan di atas.

4. Restore daftar Kontak Phonebook via Gmail.

Oh ya … saya belum menceritakan, pada saat BB saya ambil dari tempat service ternyata seluruh account email secara otomatis terkonfigurasi ulang. Namun  tidak terjadi sinkronisasi seperti sebelumnya antara account Gmail saya dengan hansdet BB, pada saat saya menambah daftar kontak di handset BB. Mungkin setting-annya berubah.

Daftar kontak handset BB saya bisa kembali tersinkronisasi dan muncul kembali setelah saya menghapus dan mendaftarkan ulang account Gmail saya. Hal tersebut mungkin benar disebabkan oleh settingan yang berubah, karena pada saat saya mendaftarkan kembali account Gmail ke BB saya, opsi sinkronisasi antara BB dan Gmail muncul. Pada saat saya mencentang opsi sinkronisasi daftar Kontak, ternyata tidak lama kemudian … horee … seluruh daftar kontak saya secara otomatis muncul kembali di BB saya.

5. Install Ulang Aplikasi BB

Setelah install ulang OS BB, ternyata tidak semua aplikasi BB hilang sama sekali. Minimal daftar aplikasi masih tersimpan dan tersembunyi di menu Blackberry Application World , namun dalam posisi “Uninstall“. Cara install ulangnya adalah sebagai berikut :

Pilih menu  Blackberry Application World –> My World –> Secara default posisi menu akan muncul pada “Installed“, pencet pada menu tersebut dan pilih “Uninstalled“, maka akan muncul daftar aplikasi yang pernah diinstall di BB. Silakan pilih satu persatu aplikasi yang akan diinstall ulang.

Backup dan restore PIN, Grup BBM, Aplikasi dan Phonebook sepertinya juga bisa dilakukan dengan Blackberry Desktop Manager di OS Windows. Namun dengan rentannya Windows terkena virus, jangan-jangan justru komputer Anda terlebih dahulu bermasalah karena virus sebelum BB bermasalah. Yang paling penting adalah upayakan sedapat mungkin data penting apapun milik Anda dibackup untuk mengantisipasi kekecewaan di kemudian hari apabila handset Anda bermasalah / hilang.

Jadi … jangan kelamaan membaca, segera backup PIN dan Grup BBM serta Phonebook Anda. Semoga dapat membantu.

About these ads
  1. 27 Agustus 2012 pukul 16:22

    nice post, thanks anyway

  2. Lidia
    11 September 2012 pukul 16:58

    Jdi pngn bljr lbh jauh t’tng,backup nih,,,,

  3. alodia
    15 November 2012 pukul 16:28

    bro, tp gmn cara backup klo bb udah rusak?
    proses booting dlm waktu lama, tulisan blackberry dlm waktu lama, lalu wallpaper tapi jam pasir terus dalam waktu lama juga, sampai ga bisa di apa2kan lagi, trs kembali ada tulisan reset 602, terkadang reset 603.. dah seminggu begini trs..
    byk note penting.. lagipula aku ga pake gmail utk mail di bb.. aku pake yahoo..
    lagi pula aku jg sempat backup locally, tp udah lama bgt, yg pastinya klo di restore ntar ga sebanyak kontak pas sebelum bb rusak.. jd gmn ya? di mohon sarannya.. thx

    • 15 November 2012 pukul 16:46

      Yah … kadang-kadang memang akhirnya kita hanya bisa bilang “ternyata backup data sangat penting” pada saat dibutuhkan. Memang kita hanya bisa berharap seluruh data bisa di restore kalau kenyataan berbeda … itulah seninya punya gadget. Mungkin perlu dicoba dulu connect ke PC Windows dengan menginstall terlebih dahulu Blackberry Desktop Manager.

      Perlu diketahui bahwa backup BB ada di kartu memory, bukan di handsetnya. Sepertinya juga secara otomatis backup data kontak BBM. Sedangkan kontak nomor HP memang hanya bisa sinkronisasi dengan email. Tapi kalau pernah dilakukan sinkronisasi dengan email (termasuk yahoo) sepertinya bisa direstore ulang koq. Coba cek dulu daftar kontak di email yahoonya, siapa tahu sudah ada di situ.

  4. 12 Desember 2012 pukul 01:19

    gmn cara nya ngeback up data + restore data di bbm versi 7 yg terbaru. tks..

    • 12 Desember 2012 pukul 04:39

      Kalau berdasarkan keterangan di BBM versi 7, disebutkan bahwa Profil, Kontak dan Grup BBM tersinkronisasi secara otomatis dengan Blackberry ID. Oleh karena itu, begitu Anda memasukkan Blackberry ID Anda saat pertama kali membuka BBM maka profil, kontak dan grup BBM akan langsung tersedia di perangkat yang baru.

      Saya juga sudah upgrade ke BBM versi 7, hanya saja saya belum bisa mencoba mempraktekkannya karena belum punya perangkat baru …

  5. ciwi
    12 Desember 2012 pukul 21:56

    Gan

    Kenapa setelah saya update ввм

    Ðȋ̝̊̅̄ dlm option,,backup managenent nya ƍäª ada

    Kenapa Ɣåα̣̣̥α̍̍̊ªª◦°

    Ķζoº ƍäª ad backup management
    Saya ƍäª bisa backup ввм contact saya secara manual

    Cra mengatasinya gmn gan

    • 13 Desember 2012 pukul 20:53

      Jawabannya ada di atas itu : Dengan BBM versi 7, backup dan restore tidak perlu dilakukan secara manual, tetapi ada di server RIM berdasarkan masing-masing Blackberry ID.

      Begitu kita masuk menggunakan User ID dan Password Blackberry ID, maka secara otomatis semua kontak, profil dan Grup BBM akan ter-restore diperangkat yang baru.

  6. 12 Desember 2012 pukul 23:21

    Nice Share Berooo..
    Sangat terbantu..
    Makasih Berooo…

  7. kyory
    18 Desember 2012 pukul 09:48

    Saya sudah upgrade bbm 7 tp fatalnya saya lupa pasword blackberry id , skr bbmnya gak bs di buka, gmn ya caranya buat ngebuka paswordnya?

    • 26 Desember 2012 pukul 11:25

      Di situ kan ada menu yang harus dipilih saat password lupa, silakan dicoba

  8. ccc
    29 Desember 2012 pukul 17:36

    maaf newbie ni..bb nya gemini…misal gn ssaya sms anda pake no saya.trus sms saya anda delete gt..sms saya yg kmrn 2 k tempat anda apa benar ikut k delete semua?tq smuanya..

    • 29 Desember 2012 pukul 18:47

      Ya … karena prinsip sms di BB seperti chatting. Kalau chatting dengan seseorang di delete, maka akan mendelete sms sebelumnya.

  9. alia budy
    18 Januari 2013 pukul 06:08

    gan mohon bantuan nya d bb ane abis sy upgrade BBM nya malah gk da tu yg tulisan backup management,,gimana ya gan tlong bntuanya pdhl sy sdh backup tinggl restore aja :( sedih bgt rasanya

    • 18 Januari 2013 pukul 06:33

      Coba lihat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Atau saya jelaskan kembali deh … BBM versi 7 sufah tidak perlu lagi backup dan restore. Kenapa ? Karena backup dilakukan secara otomatis menempel dengan ID Blackberry Anda (User ID berupa address email dan password) dan pada saat mengisi ID Blackberty, pengguna juga diminta mengisi kata pengingat jika lupa password ID Blackberry.

      Saya kebetulan sudah mempraktekkan restore otomatis BBM versi 7. Dua minggu yang lalu, BB saya hang, tidak bisa booting. Akhirnya diinstall ulang oleh teknisi. Begitu saya memasukkan User Id dan password ID Blackberry, secara otomatis semua PIN dan Grup BB ter-restore secara otomatis. Dari 8 Grup, ada 2 yang gagal restore. Kalau yang begini, tinggalminta ke admin grup untuk invite ulang.

      Nah kalau backup kontak no. HP, hanya bisa dilakukan via email, dengan syarat Anda harus berlangganan full service, kalau tidak, Anda harus sering-sering on line di jaringan wifi.

  10. Didit
    17 Februari 2013 pukul 23:28

    @pak suhartono : saya menggunakan 2 buah blackberry dengan masing2 memiliki blackberry id sendiri dan list kontak bbm sendiri. Namun kemudian sy mengalami masalah dimana salah satu blackberry saya mengalami kerusakan padahal di blackberry tersebut lah yang banyak saya simpan kontak bbm dari teman2 saya, sedangkan di blackberry saya satunya cuma ada sedikit kontak.

    pertanyaan saya : bagaimana cara nya me-restore kontak bbm saya yang ada pada blackberry saya yang rusak ke blackberry saya yang satu nya ? apakah harus di wipe out dulu lalu memasukkan blackberry id dari blackberry saya yang rusak ? mohon dibantu. terima kasih.

    • 18 Februari 2013 pukul 10:14

      Lebih baik begitu, di wipe dulu. Hanya saja daftar kontak phonebook perlu dibackup dulu, dengan cara misalnya sinkronisasi dengan Gmail

  11. Didit
    18 Februari 2013 pukul 12:14

    @pak suhartono : terima kasih banyak atas jawabannya. sekedar info, blackberry saya yang bermasalah blackberry dakota dimana pada saat pengecasan baterai tiba2 totally hang lalu saya cabut & pasang kembali baterai nya (spt yang pernah bbrp kali sy lakukan apabila blackberry saya hang), namun ketika baterai dipasang kembali, bb saya tidak mau nyala sama sekali / mati total (lampu led tidak nyala, di connect usb ke komputer juga tidak detect). kira2 knp ya pak ? padahal tidak jatuh dan tidak kena air sama sekali.

    • 18 Februari 2013 pukul 19:39

      Kemungkinan besar OS BB corrupt. Harus diinstall ulang. Kalau nggak bisa install ulang sendiri, bawa saja ke teknisi resmi BB.

  12. 27 Februari 2013 pukul 20:45

    mas BB’ku ini data,contact bbm,phonebook ilang smua gara” salah masukin pasword sebelum membuka bb sampai 10x gmn solusinya yah biar contact bbm kembali karena saya jg punya usaha online shop via bbm…sebelumnya terima kasih

    • 28 Februari 2013 pukul 15:25

      Ada beberapa pertanyaan sebelum saya bisa menjawab :

      1. Apakah BB sudah diinstall BBM versi 7 ? Kalau BBM sudah diupdate ke versi 7, maka akan sangat mudah, karena PIN BBM dan Grup terbackup secara otomatis di Blackberry ID.

      2. Kalau belum diupdate ke BBM versi 7, apakah pernah membackup PIN dan Grup BBM ? Kalau sudah pernah backup, tinggal restore ulang. Kalau belum pernah backup yaaa … harus satu-satu invite …

  13. 24 Maret 2013 pukul 21:11

    mas, ini bbm aku gabisa dibuka gara2 kmaren temen aku beli bb, tapi gak ada app word nya, trus saya instal tapi pake email saya, smentara email yang saya pakein ke bb temen itu, emailnya jugaudah aku pake in ke bb saya, nah al hasil app saya hilang, trus bbm bisa dibuka tapi nama bb saya dan DP nya berubah jadi nama temen saya yang tadi, trus kalau di bb saya bisa buka bbm, nah temen saya malah gak bisa buka, dan sebaliknya :( jadi kayak duplicate gitu, cara benerin nya gmana mas, solusi dong :(

    • 25 Maret 2013 pukul 05:54

      Terpaksa harus wipe data, dengan konsekwensi seluruh pin, kontak dan email hilang seperti awal dari pabrik. Coba search “wipe”, BB akan ngasih tahu dimana letak menunya …

  14. ryan
    10 Mei 2013 pukul 16:54

    bagaimana jika tiba tiba bb saya reboot dan tampilan utamanya blackberry ID,dan saya lupa password bb id saya,dan lagipula seingat saya email yang gunakan untuk blackberry id itu tidak pernah saya buat untuk menerima email dsb,tindakan apa yang saya harus lakukan supaya saya bisa mengatasi masalah serius ini ?

    • 10 Mei 2013 pukul 17:12

      Mungkinkah Ryan baru saja update versi BBMnya ? Kalau ya, berarti tinggal mengisi email dan passwordnya sebagai Blackberry ID.

  15. deny
    15 Mei 2013 pukul 11:43

    tp di bb 9360 email sttingnya kok gk ada ya

    • 15 Mei 2013 pukul 11:54

      Maaf nggak bisa jawab … karena nggak punya BB type tersebut. Atau coba dulu search “email”?

  16. 15 Mei 2013 pukul 12:17

    mas bb saya baru kmaren hilang dcopet org, klo saya beli bb baru tap cdma gimana yaa cara copydata dr yang hilang itu???? bb saya sblmnya torch 1, mohon blsnnya scpatnya . mksh

    • 15 Mei 2013 pukul 12:35

      Seperti yang telah saya jelaskan di atas, jika aplikasi BBM sudah diupgrade ke versi 7 dan sudah mengaktifkan Blackberry ID (address email), maka begitu log on ID Blackberry di handset yang baru, maka secara otomatis daftar PIN kontak dan Grup akan terloading. Jika kedua syarat tersebut tidak terpenuhi ya … nggak bisa

  17. 15 Mei 2013 pukul 12:23

    ping!!!

  18. 18 Juni 2013 pukul 16:35

    Bbm 7 bisa gan?

  19. andini
    3 Juli 2013 pukul 21:49

    type bb saya 9320 bb saya sudah saya wipe tapi saya belum back up data. Setelah d wipe mau buka blackberry mesengger ga bsa. app wordl juga ga bisa kebuka, browsing juga ga bisa, pokoknya segala hal yang berhubungan dengan internet tidak bisa terbuka. Gmana ya caranya biar saya bisa bbman lgi? mohon jawabannya ya

    • 4 Juli 2013 pukul 06:28

      Sepertinya itu harus install ulang operating system menggunakan BB Desktop Manager di Windows. Kalau nggak bisa juga, bawa ke counter reparasi BB saja dan siapkan biayanya …

  20. rina
    6 Juli 2013 pukul 13:13

    kalo saya ga pernah back up data” nya gimana mas? sedangkan smua data” saya hilang tidak tersisa satupun :'(

    • 6 Juli 2013 pukul 14:22

      Sekali lagi saya jelaskan. Sepanjang Anda menggunakan BBM versi 7 dan masih ingat blackberry id (address email) dan passwordnya, maka pada saat Anda menggunakan handset baru atau baru saja install ulang OS, begitu Anda memasukkan blackbery id dan passwordnya maka seluruh PIN dan Group BBM akan ter-load secara otomatis.

  21. gabriella
    16 Juli 2013 pukul 16:50

    Di bb saya tidak ada pilihan ‘Back Up Management” jadi gmna dong ?

  22. ratih kesuma
    3 September 2013 pukul 19:42

    mau nanya, bisa gak ya upgrade softwarenya dilakuin dirumah sendiri ? tanpa perlu teknisi ? and bisa gak data”nya kembali lagi soalnya belum sempet backup tp bb uda macet saat restart ?

    • 3 September 2013 pukul 19:55

      Bisa sekali. Anda bisa mengupgrade OS BB sendiri. Anak saya bisa mengupgrade Onyx (OS 6) ke OS versi 7. Hanya saja saya sendiri belum pernah pengalaman atau mencobanya sendiri. Jadi tidak bisa bercerita caranya. Silakan googling untuk mengetahuinya.

      Asalkan BB Anda sudah menggunakan OS versi 7 atau BBMnya sudah versi 7, maka PIN dan Grup BB akan terbackup otomatis di server RIM. Begitu Blackberry ID dan passwordnya diinput di handset, maka PIN dan Grup BB akan terload secara otomatis. Jika persyaratan itu tidak terpenuhi, terpaksa harus invite satu-satu.

      • ratih kesuma
        3 September 2013 pukul 20:09

        oh gitu, tapi kalo memo sama phone book nya bisa direstore juga gak ?

      • 3 September 2013 pukul 20:44

        Phonebook biasanya terbackup ke address email. Hanya saja dengan catatan kalau kita telah sengaja melakukan setting sinkronisasi phonebook dengan email.

  23. pengkolmind
    30 September 2013 pukul 02:31

    Salam kenal dan terima kasih atas informasinya,pak Suhartono,mohon ijin untuk meng-copy paste kan di wp saya sehingga tipsnya dapat lebih berguna dan bermanfaat.

  24. 2 Oktober 2013 pukul 01:30

    Salam kenal, mau tanya ni, saya login dengan BB ID lama saya, tapi kenapa kontak BBM dan Group saya tidak kembali ya ? Mohon Pencerahannya . .

  25. guntur
    2 Oktober 2013 pukul 22:35

    salam kenal, saya ingin bertanya nih mas,, BB sya hang total (os 7) ,akhirnya saya beli bb baru dengan os yg sama, tetapi ketika saya log dengan BB Id saya kenapa kontak dan lainya tidak bisa juga ya mas? ada solusi lainnya mas, makasih sebelumnya

  26. guntur
    2 Oktober 2013 pukul 22:46

    seperti halnya kejadian mas didit diatas, jika OS BB sya corrupt dan teknisi BB juga sudah angkat tangan untuk ng-instal ulang, apa kira-kira yg dapat sya lakukan untuk merestore kontak2 yang ada,, maaf jika menyusahkan

  27. 3 Oktober 2013 pukul 09:04

    Perlu dibedakan antara daftar kontak (Phonebook) dengan daftar PIN dan Grup BBM.

    Jika Anda menggunakan BBM versi 7, PIN dan Grup BBM terbackup otomatis di server Blackberry dan akan terrestore secara otomatis, jika Anda memasukkan Blackberry ID di handset lama atau baru.

    Daftar Kontak (Phonebook) tidak bisa terbackup ke server Blackberry tetapi bisa terbackup otomatis jika Anda berlangganan fasilitas Blackberry full service dan mensinkronisasi layanan email dengan kontak (Phonebook) Anda.

    Jika Anda telah melakukan sinkronisasi antara email dan daftar kontak (Phonebook) Anda, maka pada saat Anda memiliki handset Blackerry / Android baru dan kemudian Anda melakukan sinkronisasi dengan email, maka daftar kontak di email akan terload otomatis di handset Anda.

  28. mirza aditya
    19 Oktober 2013 pukul 15:25

    om, kalo phonebook gak tersinkronisasi dengan email, apa masih bisa kembali? makasih

    • 19 Oktober 2013 pukul 15:59

      Kayaknya susah kembalinya. Kecuali pernah backup di komputer

  29. 30 Oktober 2013 pukul 01:51

    siipp.. info yg bagus..
    saya lgsung mempraktekannya,,

  30. 30 Oktober 2013 pukul 14:54

    om,bbm saya versi 7 kan kata om contact list sudah ada di blackberry ID
    saya pernah ganti email blackberry ID
    jadi klau saya upgrade OS apakah kontak saya masih tetap adaa walaupun sudah ganti email blackberry ID
    tlg bantuannya yaa om
    trimakasih :)

    • 30 Oktober 2013 pukul 16:27

      PIN dan Grup BBM akan terload secara otomatis sesuai dengan Email Blackberry ID gang digunakan.

      Jangankan upgrade OS, jika Shinta menggunakan Android untuk BBM dengan menggunakan Blackberry ID yang pernah dipakai diperangkat BB, maka PIN dan Grup BB diperangkat BB itu akan terload otomatis di perangkat Android. Tapi ingat, jangan menggunakan BB ID di 2 perangkat berbeda. Itu akan mengakibatkan kekeacauan.

  31. F 421 DZ
    29 November 2013 pukul 21:16

    Suiippp….Mantab Banged…Special Pake’ telor dweeehh…..

  32. devi
    11 Februari 2014 pukul 08:56

    pak… saya sudah wipe. tapi setelah di wipe ternyata email setting tidak muncul. bagaimana memunculkanya?

    • 11 Februari 2014 pukul 09:01

      Kalau Operating System BB Anda adalah minimal versi 7, maka sudah mengenal “universal searching”. Coba ketik “email”, maka handset otomatis akan mencari dan menemukan settingan.

      Setting email ada di menu Setup.

  33. suryo
    15 April 2014 pukul 15:49

    Oom bb saya gemini 8520, statusnya hilang entah dimana, Kemudian saya beli bb 9720, Bisa nggak ya back up (yg dari 8520) via desktop manager di PC trus di restore ke 9720? Makasih ya oom

    • 15 April 2014 pukul 16:42

      Saya tidak bisa menjawab, karena belum pernah mencobanya … Maaf

  34. lidia
    19 April 2014 pukul 08:08

    mau tanya saya lupa id dan kata sandi di email setup, jadi saya ga bisa setting email lagi,,,, gimana ya caranya supaya bisa? saya sudah klik lupa pasword tapi saya ga dapat alternatif dari id itu

    • 21 April 2014 pukul 15:14

      Wah … Maaf … Kalau lupa ID dan password saya tidak bisa memberi jalan keluar . .

  35. ahmad
    11 Mei 2014 pukul 03:02

    bro klo notenya gmn? hpnya hank saat d restart langsung minta d wipe….
    gmn ya cara balikin notenya???? mohon bantuannya….

    • 11 Mei 2014 pukul 05:04

      He he he… sama dengan punya saya. Note-nya hilang semua. Maaf, belum bisa menjawab…

  36. andri
    22 Agustus 2014 pukul 01:02

    Saya baru instal ulang bb 9870 saya tapi slah settin restore kontak bbmnya, jadi kontak bbm hilang semua.. Apa msih bisa dikembalikan semua kontaknya dengan menggunakan blackberry id?

    • 22 Agustus 2014 pukul 06:07

      Bedakan istilah daftar kontak No HP dengan kontak PIN BB.

      Kontak No HP dapat dibackup dan direstore dari address email. Namun dengan syarat Anda memang sebelumnya telah mengaktifkan fitur sinkronisasi phone book dengan email.

      Kontak PIN dan grup BBM secara otomatis bisa ter-restore jika menggunakan Blackberry ID dan aplikasi BBM menggunakan versi 7 ke atas.

  37. rya
    26 Agustus 2014 pukul 17:15

    Gan sy jualan tas kemaren bb saya tak bisa di buka ,,, sgala macam cara sy lakukan ,,,tak bisa ahirnya sy bawa ke servis conter ,,,tapi setelah bisa kenapa di saat saya mau shere foto tas dari grup lain ke grup saya ,,, keterangan tasnya tdk bisa otomatis lgi ,padahal sblm bermasalah,,keterangannya langsung ada,,,sekarang malah kita harus ketik sendiri keteranganya ,,tolong di bantu gan solusinya gmana,,,,

    • 26 Agustus 2014 pukul 17:23

      Coba di wipe

      • dieky
        26 Agustus 2014 pukul 20:34

        Maaf Bpk saya mau tanya
        Saya baru beli bb second dari group FJB
        Gak tau kenapa pas buka bbm minta password, kebetulan teman dari group FJB ini juga lupa password bb I’d + lupa juga password emailnya

        Bagaimana cara supaya.saya bisa bbm.an lagi Pak???

      • 26 Agustus 2014 pukul 21:20

        Saya menyarankan untuk mengkondisikan agar BB menjadi seperti saat keluar dari toko jika membeli BB second, dengan cara wipe.

        Ketik wipe saat tidak ada aplikasi yang terbuka, BB akan mengarahkan user untuk masuk menu Options. Di menu selanjutnya, centang pilihan “email, contact, etc” dan “user install application” terus di kotak putih ketik “blackberry” kemudian pencet “wipe data”.

        Prosesnya agak lama, pastikan battery cukup. Semoga berhasil.

  38. steveniwanto
    29 Agustus 2014 pukul 15:53

    Kenapa ya pada saat saya buka bbm tiba2 muncul welcome to bbm dan stlh itu ada tulisan setting up bbm?? Dan setelah itu gk terjadi apa2 . Cuma layar biru aja .. Mohon d jawab ya . Tks.

    • 29 Agustus 2014 pukul 15:55

      Memakai Android / iPhone?

      Biasanya disebabkan oleh koneksi internet yang lemot atau tidak stabil.

  1. 30 September 2013 pukul 02:41

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: