Beranda > Modem Huawei, Phone Manager, Ubuntu > Phone Manager / Mobile Partner untuk Modem Huawei di Linux Ubuntu

Phone Manager / Mobile Partner untuk Modem Huawei di Linux Ubuntu

Artikel ini saya buat atas dasar informasi yang disampaikan di facebook oleh Sdr. Salim Mulyana dengan maksud, apabila nantinya ada pertanyaan serupa dari orang lain tinggal diinformasikan link-nya.

Phone Manager / Dialer untuk modem Huawei disediakan oleh Huawei dalam OS Windows, sehingga pengguna Linux harus melakukan setting sendiri untuk melakukan koneksi internet. Sebenarnya koneksi internet di Linux sangat mudah dilakukan di Network Manager. Namun saya merasa masih terdapat kekurangan, yaitu tidak bisa menggunakan modem untuk menerima dan mengirim SMS dan menyimpan buku telepon di SIM Card di Modem. Phone Manager di Linux sebenarnya juga telah tersedia yaitu Wammu, namun masih terdapat masalah yaitu tidak terlihatnya nama pada phonebook.

Untuk menginstall Phone Manager Huawei di Linux adalah dengan cara sebagai berikut :

1. Download aplikasi disini. Terus terang saya juga heran file aplikasi tersebut saya cari-cari situsnya Huawei nggak ada. Untuk mengamankan file, saya simpan di file sharing Dropbox saya.

2. Ekstrak file hasil download di folder Downloads / Unduhan dengan cara klik kanan  –> klik pilih Extract Here. Akan ada folder baru bernama Linux.

3. Cara menginstall : Pertama-tama masuk ke terminal dan masuk sebagai administrator dengan cara ketik :

$ sudo su    [Enter dan masukkan password]

Kemudian masuk ke folder dimana file hasil ekstrak tersimpan (dalam hal ini file di komputer saya tersimpan di folder Downloads/Linux), maka ketik sbb. :

# cd Downloads               –> Kalau Anda menggunakan Linux bahasa Indonesia = “Unduhan”

# cd Linux

Install Phone Manager dengan mengetik :

# bash install

Proses install akan berjalan dan apabila ada pertanyaan “Please input the install path [/usr/local/Mobile_Partner :]” tekan Enter saja.

4. Menjalankan Aplikasi

Aplikasi Phone Manager Huawei berada di Applications –> Internet –> Mobile Partner dan berjalan secara otomatis setiap booting.

Untuk pertama kali pada saat akan menjalankannya tentunya harus disconnect koneksi internet di Network Manager, cabut dan tancapkan kembali USB Modem agar “device” terdeteksi oleh sistem.

5. Setting Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting koneksi sesuai provider masing-masing. Karena saya menggunakan Telkomsel Flash, maka settingnya adalah Tools –> Options –> Profile Management sebagai berikut : APN = internet, Acces Number = *99#, User Name = wap, Password = wap123. Kalau perlu Diagnostik Network-nya dan sistem akan meminta untuk menentukan Nama Profile, misal disini saya pakai nama profile “Telkomsel Flash”.

Setelah Network terdeteksi (biasanya secara otomatis), maka tinggal klik “Connect” di Tab Connection

Dan … sekarang Anda sudah punya Phone Manager full feature seperti di Windows. Hanya sayangnya … saya sudah mencoba … ternyata koneksi internet menggunakan Phone Manager ini tidak bisa dibagi pakai sebagai Access Point. Jadi kalau akan membagi pakai koneksi internet harus menggunakan Network Manager.

Apabila ada pertanyaan, apakah bisa dipergunakan untuk jenis dan modem yang lain ? Saya tidak tahu dan silakan coba sendiri. Selamat mencoba …

  1. Arie
    21 Mei 2011 pukul 18:08

    sangat berguna dan mudah dicerna..tapi apakah aplikasi modem ini bisa digunakan di modem lainnya?? ato hanya di khususkan untuk modem huawei??saya pake haier soalnya 😀

    • 21 Mei 2011 pukul 18:25

      Coba saja …

      • 14 Agustus 2011 pukul 16:29

        Lapor pak..!!
        Huawei ETS2055 gak bisa pake software ini, Masih tetep ampuh usb_modeswitch 🙂 makasih

  2. Pangeran Za`im
    22 Mei 2011 pukul 00:21

    Bagoes kang Suhatono Utama bermanfaat banget, sering2 saja update karena linux/ubuntu yg sering di butuhkan ( dipermasalahkan )adalah koneksi jaringan

  3. 14 Juli 2011 pukul 01:14

    Semua langkah2nya sudah saya terapkan dan sukses, saya memakai Telkomsel Flash dan konfigurasi sudah seperti yang di atas, signal WCDMA dan signal full bar, tapi ketika saya connect-kan kok gak bisa, cuma muncul connecting saja, mohon bantuannya? kira-kira apa yang harus saya lakukan?

    • 14 Juli 2011 pukul 07:17

      Coba restart dalam kondisi modem masih menancap di USB …. dan pastikan tidak ada koneksi ke modem selain mobile partner huawei (unchek “koneksi otomatis” network manager) atau wvdial

  4. 15 Juli 2011 pukul 22:18

    Masih tetep belum bisa saya pake Huawei K3520, kalo nge-uninstallnya caranya bagaimana? saya nyoba melalui Applications -> Internet -> Uninstall Mobile Partner terus muncul:
    “You must run the process by root

    Finished, press any key to exit”
    dan Mobile Partnernya belum hilang
    Kira-kira bagaimana cara menguninstallnya?

  5. 15 Juli 2011 pukul 22:20

    Tambahan saya pake Ubuntu 10.10, kernel 2.6.35-13

  6. 17 Juli 2011 pukul 05:51

    Uninstall … saya juga belum tahu caranya nih … tapi kalau mau agar tidak di load saat booting bisa menggunakan cara seperti ini … : System –> Preferences –> Startup Applications … cari “Huawei Autorun” … unchek atau remove …

    • irma
      13 November 2011 pukul 23:31

      saya pakai mandriva 2011.0.i586, mobilepartner v.Linux 21.003.28.00.03 yg saya dapat dari :
      http://bloglinux-patenpisan.blogspot.com/2011/09/huawei-mobile-partner-linux-21003280003.html

      utk uninstall pakai printah ./UninstallMobilePartner sbg root di folder instalasi (usr/local/BAM_huawei)
      sebelumnya pastikan mematikan proses/service/daemon dr huawei yg running.

      cuma satu kendala, proses uninstall tidak sempurna, sprtinya msh ada udev.rule utk mounting/deteksi modem yg tdk dihapus sehingga konflik dgn modemmanager/networkmanager utk deteksi modem walopun mesin udh d reboot. hasilnya hrs set ulang profil di networkmanager

      ini hasil dmesg :
      ———————————
      systemd[1]: fsck@dev-disk-by\x2duuid-19c67496\x2d004f\x2d4a60\x2da2ae\x2db83ae748dd8e.service: main process exited, code=exited, status=1
      systemd[1]: Unit fsck@dev-disk-by\x2duuid-19c67496\x2d004f\x2d4a60\x2da2ae\x2db83ae748dd8e.service entered failed state.
      systemd[1]: Startup finished in 2s 230ms 417us (kernel) + 8s 28ms 384us (initrd) + 21s 24ms 596us (userspace) = 31s 283ms 397us.
      udevd[1362]: starting version 168
      systemd-fsck[1356]: fsck.ext2: No such file or directory while trying to open /dev/disk/by-uuid/19c67496-004f-4a60-a2ae-b83ae748dd8e
      systemd-fsck[1356]: Possibly non-existent device?
      systemd-fsck[1356]: fsck failed with error code 8.

      udevd[1362]: SYSFS{}= will be removed in a future udev version, please use ATTR{}= to match the event device, or ATTRS{}= to match a parent device, in /etc/udev/rules.d/51-hso-udev.rules:73
      udevd[1362]: SYSFS{}= will be removed in a future udev version, please use ATTR{}= to match the event device, or ATTRS{}= to match a parent device, in /etc/udev/rules.d/51-hso-udev.rules:76


      udevd[1362]: NAME=”%k” is ignored, because it breaks kernel supplied names, please remove it from /etc/udev/rules.d/51-hso-udev.rules:124
      EXT2-fs (sda8): warning: mounting unchecked fs, running e2fsck is recommended
      leds_ss4200: no LED devices found
      intel_rng: Firmware space is locked read-only. If you can’t or

      mtp-probe[1666]: checking bus 4, device 2: “/sys/devices/pci0000:00/0000:00:1d.2/usb4/4-1”
      mtp-probe[1666]: bus: 4, device: 2 was not an MTP device

      systemd[1]: Failed to load device unit: Invalid argument

      ———————————

      utk itu saya lbih rekomen versi vodafone mobile connect utk huawei di linux, krn applikasix native (python) linux.

      cmiiw ..

  7. 18 Juli 2011 pukul 14:16

    keren tutorialnya. akan saya coba install aplikasinya. sangat bermanfaat. salam open source.

  8. rendra
    19 Juli 2011 pukul 21:42

    Terima kasih tutorialnya gan..
    Saya sudah coba instal dan tampilan mobile partner sukses, tetapi modem saya tidak terdetek, tidak ada indikator sinyal (saya pake huawi E 150). Saya coba restart PC tetapi tidak ada hasil.
    Penasaran saya pinjam modem tetangga sebelah yang pake huawei seri E 159 dan ternyata modem terdetek dan bisa beroperasi dengan normal.
    Kira-kira apanya ya gan…mohon pencerahannya.
    Thanks

    • 20 Juli 2011 pukul 07:12

      He he he … berarti nggak cocok ya … ya sudah untuk internet gunakan Network Manager saja, untuk sms coba install Wammu … maaf tidak bisa memberikan tambahan informasi

      • rendra
        21 Juli 2011 pukul 17:31

        Betul sepertinya memang modem saya gak support….saya coba modem lain lagi seri E 1xx (lupa angka pastinya…hehe maklum pinjaman) dan ternyata juga bisa beroperasi dengan normal.
        Thanks

  9. rouf
    21 Juli 2011 pukul 13:01

    wah, ternyata aplikasinya disertakan didalam modem huaweinya pak, kemarin saya coba tancapin modem, kemudian modemnya kebaca sbgai disk tapi tidak termount. biasanya kebaca sbgai sr2 di direktori /dev . setelah dimount ternyata aplikasi modem managernya ada didalam dan tinggal diinstall tapi saya bingung caranya. alhamdulillah ketemu sama blog ini ^^
    thanks ya pak

  10. Eka Deddy
    20 Januari 2012 pukul 11:14

    pak Mobile partner saya sudah terinstal di ubuntu 10 trus juga udah konek, tapi kcepatan download dan Uploadnya 0,0 dan gak mau konek ke internet, gimana solusinya pak,,

    Tolong di kasih pencerahan,…
    Thanks,….

    • 21 Januari 2012 pukul 06:27

      Coba :
      1. Re-start
      2. Cek settingannya sudah benar atau belum

  11. idola
    20 Juni 2012 pukul 18:03

    bro modem saya vodafone k3520, udah bisa di instal di ubuntu 10.10, sinyal nya tampil, sudah di setting profilemanagement nya pake kartu xl, tapi kenapa gak bisa di connectkin ya

    • 20 Juni 2012 pukul 19:23

      Jangan dipaksakan menggunakan Mobile Partner kalau memang bukan merk Huawei, saya menyarankan agar menggunakan Network Manager yang lebih mudah dan bisa berlaku umum. Cek caranya di artikel saya yang lain mengenai Netwok Manager …

  12. idola
    20 Juni 2012 pukul 18:04

    tolong bantuan nya ya.. pusingg saya sudah..

  13. Dhemas
    28 September 2012 pukul 06:26

    udah dicoba gan uninstallnya rapih kok di Lubutu 12.04.. cuman harus delete manual hw_mobile_userdata dari /usr/local..
    output dmesg normal 😀

  14. matius
    19 Oktober 2012 pukul 20:10

    saya pakai modem ec1261-1, saya sudah instal dan bisa connect tapi masalahnya : tidak bisa browsing, tapi bisa update dari terminal.. ada solusi?

  1. 15 Agustus 2011 pukul 01:24

Tinggalkan komentar