Beranda > Apple iPad, Review, Samsung Galaxy Tab > Review : Samsung Galaxy Tab vs Apple iPad 2

Review : Samsung Galaxy Tab vs Apple iPad 2

Pada awal mengenal komputer dan sampai sekarangpun saya adalah pengguna OS Windows, terutama di kantor yang memang harus menggunakan Windows. Beberapa tahun yang lalu, hingga saat ini, mengenal dan aktif menggunakan Linux Ubuntu, terutama kalau di rumah. Menggunakan Linux Ubuntu ternyata sangat mengasyikkan, karena hobby ngoprek saya terpenuhi. Di samping itu, sayapun juga aktif menggunakan Blackberry karena -awalnya- diwajibkan kantor.

Perangkat yang saya pakaipun beragam mulai dari desktop, laptop, netbook hingga pada tahun 2012 ini mulai menggunakan Tablet. Ya, bahkan langsung 2 macam Tablet sekaligus : Samsung Galaxy Tab 8.9 inchi yang “terpaksa” dibeli karena sangat inginnya saya punya Tablet dan iPad 2 hadiah dari kantor karena hobi menulis artikel.

Sebelum saya membahas mengenai perbandingan antara Galaxy Tab dengan iPad, penting untuk diketahui bahwa salah satu hal yang paling berbeda antara perangkat komputer (dekstop, laptop dan netbook) dengan Tablet adalah : di Tablet, Anda tidak akan menemukan tombol “Maximize, Minimize dan Close”.

Anda hanya disediakan tombol “Home” untuk menutup “sementara” aplikasi yang ada di layar. Jadi, di Tablet tidak ada multitasking, kalaupun ada sifatnya hanya semu / sementara. Oleh karena itu, jika Anda membuka browser kemudian menutupnya dengan memencet tombol “home”, apabila waktu menutupnya lumayan lama, maka pada saat membuka kembali browser secara otomatis Tablet akan membuka kembali (dari awal) halaman-halaman yang sebelumnya telah dibuka.

Mungkin sudah banyak artikel yang membahas mengenai Windows vs Linux dan Android vs iPhone. Nah, saat ini saya akan mencoba membandingkan antara Samsung Galaxy Tab vs iPad yang saya pakai saat ini : versi saya pribadi sebagai pengguna.

Inilah perbandingannya menurut saya :

1. Ukuran Kartu GSM

Anda mungkin akan kecewa dengan iPad karena kartu GSM untuk koneksi internet harus dipotong ukurannya sesuai dengan ukuran slot khusus iPad yang lebih kecil (koq dia bikin standar sendiri ya  ?). Teman saya punya alat khusus pemotong kartu untuk iPad yang katanya harganya Rp. 70 ribu. Efek lanjutannya apabila kartu GSM telah dipotong, maka kartu tersebut tidak akan bisa lagi dipergunakan di HP atau modem yang Anda miliki.

Nah kalau di Galaxy Tab, kartu GSM untuk koneksi internet adalah standar seperti kartu GSM pada umumnya. Hebatnya, saya nggak perlu setting apa-apa untuk koneksi internet. Begitu kartu GSM saya masukkan ke slot, hard booting, langsung konek intenet.

2. Sharing Koneksi Internet / Tethering

Agar efisien, pada umumnya pengguna internet seperti saya hanya memiliki satu kartu GSM yang khusus dipergunakan untuk koneksi internet / modem. Dari satu modem tesebut dapat disharing menggunakan wifi laptop, sehingga dapat pula dinikmati oleh pengguna di perangkat yang lain seperti tutorial ini.

Nah, di Galaxy Tab sharing koneksi internet atau kalau di perangkat mobile disebut tethering, sangat mudah dilakukan : tap pojok kanan bawah (gambar batterey), tap Setting –> tap Tethering and Portable Hotspot –> tap Portable Wifi Hotspot  … dan beberapa saat kemudian Galaxy Tab sudah berfungsi sebagai Access Point.

 

Hebatnya adalah signal wifi yang dihasilkan sharing koneksi internet via Galaxy Tab dapat dikenali dengan baik oleh perangkat lain seperti Blackberry saya (dan tentunya iPad, laptop / netbook saya yang lain), sedangkan wifi yang dihasilkan oleh sharing koneksi dari laptop tidak dikenali oleh Blackberry maupun Tablet. Oleh karena itu, sejak memiliki Galaxy Tab, saya sudah sangat jarang menggunakan modem untuk koneksi internet, namun menggunakan tethering dari Galaxy Tab : tinggal beberapa sentuhan, sharing koneksi internet dapat dilakukan.

Nah untuk iPad, saya sudah mencari tata cara setting bahkan sudah tanya sama mbah Google, ternyata tethering di iPad -maaf- belum disediakan oleh Apple.

3. Koneksi antar Operating System / Perangkat Komputer

Sudah sewajarnya jika saya ingin memasukkan foto-foto kenangan dan lagu-lagu favorit saya dari komputer / laptop ke Tablet atau sebaliknya. Perlu saya sampaikan bahwa Galaxy Tab dan iPad sudah menyediakan kabel USB (juga berfungsi ke colokkan charger batterey) dengan bentuk yang sangat mirip, sebagai koneksi ke komputer. Nah mana yang paling mudah dikoneksikana ke komputer?

Pada saat kabel USB Galaxy Tab saya masukkan ke laptop dengan OS Windows, seluruh file dan folder di Galaxy Tab dapat dilihat dengan baik, sebagai drive baru seperti flash disk. Saya juga dapat membuat folder baru, mengcopy dan menghapus file dari dan ke Galaxy Tab tanpa ada masalah. Sedangkan jika dicolokkan ke OS Ubuntu, dikenali sebagai media baru, tetapi seluruh file di Galaxy Tab tidak terbaca. Namun berdasarkan info teman yang menggunakan, pengguna dapat membuat folder dan mengcopy file dari komputer dan dibaca dengan baik di Tablet setelah kabel dilepas. Saya pernah membaca tutorial agar file di Galaxy Tab dapat dibaca di Ubuntu, namun belum sempat oprek.

Nah bagaimana dengan iPad? Anda harus menginstall iTunes terlebih dahulu di OS Windows agar perangkat iPad dikenali dan jeleknya, Anda tidak disediakan secara cuma-cuma dalam bentuk CD sehingga harus download sendiri. Nah setelah install iTunes, mudahkah menggunakannya? Tidak!

Saya pernah mengcopy lagu-lagu dan tidak sepenuhnya berhasil entah apa sebabnya. Foto-foto yang saya copypun juga ada yang sebagian cuma kelihatan setengahnya. Hingga suatu hari saya mengcopy satu folder foto dan entah apa sebabnya tidak berhasil, namun berakibat lain : seluruh shortcut yang bukan bawaan iPad tidak berfungsi!  Akhirnya setelah saya remove seluruh foto, masalah menjadi hilang.

Hal lainnya yang perlu diketahui, foto hasil copyan melalui iTunes tidak bisa dihapus di iPad, namun hanya bisa dicopy  … Bayangkan repotnya, kalau mau menghapus foto di iPad harus menggunakan iTunes melalui komputer lain. Saya adalah tukang oprek OS dari Windows, Blackberry hingga Ubuntu Linux, tapi iPad ini agak membuat jengkel saya, karena untuk urusan sederhana saja (copy, paste dan delete) sulitnya bukan main.

4. Tampilan Layar

Secara umum tampilan layar iPad lebih jernih dan responsif dibandingkan Galaxy Tab. Namun jika dilihat secara keseluruhan, tampilan layar Galaxy Tab lebih semarak dan beragam dibandingkan dengan tampilan layar iPad yang hanya terdiri dari shortcut aplikasi.

Di Galaxy Tab, saya bisa memajang foto favorit sepertiga halaman layar dipadu dengan jam digital dan kondisi cuaca di kota saya khas Android, serta beberapa shortcut aplikasi favorit saya lainnya. Hal yang tidak bisa dilakukan di iPad !

5. Screen Capture

Suatu saat, misalnya untuk membuat tutorial penggunaan aplikasi,  saya pasti perlu merekam layar di memory clipboard atau menjadi file, agar dapat saya tampilkan pada tutorial agar lebih informatif.

Nah, Galaxy Tab (Android) sudah menyediakan shortcut pada panel di bawah, tinggal sentuh, maka gambar yang ada di layar akan terrekam di memory sekaligus di file. Kalau di iPad, saya sudah berupaya mencari tombol tersebut bahkan di toko aplikasi Apple dengan keyword Screen Capture, tapi -maaf- tidak tersedia.

6. Harga dan Ragam Applikasi

Ciri khas dari Tablet adalah adanya berbagai macam aplikasi seperti game, aplikasi perkantoran, jejaring sosial, hiburan, dll. yang tersedia di toko aplikasi masing-masing. Saya pernah membandingkan harga game Plants vs Zombie, di Apple Store seharga USD 7, sedangkan di Amazone Store hanya USD 2.

Ada aplikasi wajib yang harus saya cari dan install yaitu Al-Qur’an dan terjemahan bahasa Indonesia, untuk saya pergunakan taddarus. Di Android Market, saya bisa mendapatkan secara gratis, sedangkan di Apple Application Store saya harus membayarnya.

Satu hal lagi, pengguna Galaxy Tab dapat menginstall aplikasi secara off line dengan mendownload file dengan ekstensi “*.apk”, sedangkan seluruh aplikasi iPad hanya tersedia secara on line, kecuali jika iPad Anda sudah di jailbrake yang berakibat garansi perangkat hilang.

7. Aplikasi bawaan standar

Satu hal yang sangat saya sukai dari Galaxy Tab 8.9″ adalah sudah tesedianya aplikasi pekantoran : Polaris Office, yang dapat membuat dan membaca file standar MS Office baik versi 2003 maupun 2007. Meskipun hanya aplikasi bawaan Galaxy Tab, Polaris Office cukup powerfull : dapat dengan mudah setting font, bullet & number, menyisipkan gambar dll. Artikel inipun saya tulis menggunakan Polaris Office.

Hal serupa tidak disediakan oleh iPad, sehingga harus cari-cari lagi aplikasi office dan kebetulan saya menemukan yang free yaitu Documents 2, tapi ternyata agak mengecewakan, karena “fasilitas” sangat sederhana, file dokumen hanya setara “text file” dan pada saat file di upload ke Google Docs, menjadi berantakan.

Satu aplikasi bawaan iPad 2 yang bagus versi saya adalah Slideshow yang menyediakan perubahan antar foto yang beragam + bisa langsung diiringi musik mp3 dan saya paling suka transisi “ripple” yang mirip gelombang air.

8. Kualitas kamera

Suatu hal yang aneh, ternyata kualitas kamera iPad 2 cukup mengecewakan. Sebagai perbandingan, kualitas foto yang dihasilkan iPad 2 hanya 920 x 720 pixel sedangkan kualitas foto yang dihasilkan Galaxy Tab jauh di atasnya, yaitu mencapai 2046 x 1536 pixel

9. Membuka attachment email

Email adalah salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki pengguna internet saat ini dan masing-masing Tablet telah menyediakan aplikasi email bawaan. Namun sekali lagi, Galaxy Tab memberikan layanan yang lebih baik, apa itu?

Pada saat ada email yang berisi attachment file, pengguna Galaxy Tab diberikan pilihan : view or save, sehingga saya dapat menyimpan file di tempat yang saya kehendaki dan kapan-kapan mau membukanya tinggal menggunakan aplikasi pembuka file tesebut.

Sedangkan iPad 2 hanya memberikan opsi pengguna : view. Akibatnya adalah, penguna iPad harus membuka aplikasi email setiap akan membuka file attachment dan tidak ada kesempatan untuk menyimpan file attachment agar dapat dibuka dengan aplikasi lain. Aneh kan?

10. File Manager

Satu aplikasi yang menurut saya sangat penting dipergunakan untuk mengatur file adalah file manager. Kalau di Windows kita mengenal Windows Explorer, di Linux Ubuntu kita mengenal Nautilus, maka di Galaxy Tab dikenal shortcut dengan nama “My Files”. Dengan file manager tersebut Anda bisa mengcopy, cut dan paste seperti fungsi file manager pada umumnya. Perlu diketahui bahwa gambar foto di bawah ini saya rekayasa menggunakan aplikasi rekayasa foto gratis dari Android Market.

 

Namun sayang sekali, iPad tidak menyediakan file manager tersebut. Di iPad, Anda hanya disediakan file manager dengan fungsi sangat terbatas : Photo dan Video. Mungkin Apple yakin bahwa file managernya yaitu iTunes di perangkat yang lain, sudah dianggap powerfull, padahal …

Saya sudah mencari dan install aplikasi File Manager dari toko aplikasi Apple, namun ternyata setelah dicoba dipakai jauh dari harapan bisa melihat isi file di iPad seperti file manager yang lain.

11. Virtual Keyboard

Salah satu aplikasi penting di perangkat Tablet adalah virtual keyboard yang dipakai pengguna untuk menulis.

Nah di Galaxy Tab, virtual keyboard menyesuaikan pilihan huruf. Apabila pengguna memilih huruf kapital dengan menyentuh keybord “Shift” maka secara otomatis tampilan virtual keybord juga akan berubah menjadi huruf kapital, istilah kerennya WYSISYG (What You See is What You Get).

Hal berbeda ada pada iPad, default virtual keyboard tetap terlihat sebagai huruf kapital, meskipun saat itu Anda sedang menulis huruf normal / non kapital.

12. Fleksibilitas Bluetooth

Kadangkala saya ingin memindahkan foto dari perangkat tablet ke komputer atau sebaliknya tanpa menggunakan kabel data. Ada dua cara : menggunakan email atau bluetooth. Tentunya yang paling praktis adalah menggunakan bluetooth. Nah bagaimana perbandingan penggunaan bluetooth ?

Di Galaxy Tab, mengirim file via bluetooth sangat mudah dilakukan. Pairing (pengenalan antar perangkat) dengan komputer / laptop juga sangat mudah dilakukan. Adapun cara mudah untuk transfer file via bluuetooth adalah menggunakan File Manager “My Files” untuk memastikan file / gambar mana yang akan dikirim via bluetooth –> tap gambar anak panah di panel atas –> pilih Bluetooth –> pilih perangkat yang sudah dikenal (pair) dan filepun sudah berpindah ke perangkat lain. Begitu mudahnya …

Nah bagaimana dengan iPad ? Maaf … saya ternyata kesulitan untuk melakukan pairing perangkat bluetooth dengan laptop saya. Hingga saat ini iPad saya belum bisa dikenal oleh laptop saya. Kalaupun katakanlah bisa dikenali, kalau saya tap salah satu gambar di folder “Photo”, pada saat pilihan anak panah saya tap, ternyata tidak ada menu “Send via Bloetooth”, yang tersedia hanya : “Email photo, Message, Use Wallpaper, Tweet, Print dan Copy Photo” …

  1. rahmadya
    21 April 2012 pukul 15:32

    Artikel yang bagus nih. . Untung saya beli samsung galaxy tab 10.1 satu paket dengan yang ada keyboard doc-nya (gak jadi beli IPad 2). Dan ternyata, memang benar mirip notebook super ringan, dengan adanya polaris (walaupun jauh dibanding word 2007) dan aplikasi lainnya yang gratis.
    Saya lagi bingung klik kanan di file word polaris untuk dipaste ke upload tulisan nih. . Ada saran untuk nubie andoid seperti saya kah? Atau tulisan di atas langsung diketik di wordpress?

  2. 21 April 2012 pukul 16:48

    Tap yang lama … Nanti akan muncul menu editing (select, copy, dll) … terus di tempat yang baru ‘tap’ atau pencet yang lama, akan muncul icon paste ….

  3. farel
    24 Juni 2012 pukul 18:54

    screenshoot ipad 2:pencet tombol home+power

  4. 24 Juni 2012 pukul 19:45

    maaf , kalau di ipad memang tidak ada konektivitas bluetooth , bluetooth di ipad hanya digunakan saat anda bermain game dengan sesama pengguna ipad

  5. Rhiea
    13 Juli 2012 pukul 00:43

    Mantapzz Om artikelnya… Sy sjk dulu suka SG-Tab krn smua kemudahan dan fitur2 yg dsebutkan di atas, plus lebih terjangkau… Nih nyobain iPad2… Weleh.. Weleh.. Weleh… *sweat*

  6. noy
    16 Juli 2012 pukul 20:00

    kerennn,,makasiyy buat pencerahannya,,,lg bingung antara ipad atw galaxytab,,,:))
    skrg udah ga galau lg mau pilih yg mana…

  7. sunshine
    31 Juli 2012 pukul 09:10

    thanks alott, jadi yakin mo beli galxy tab hehehehe :DD

  8. 9 Agustus 2012 pukul 02:35

    Bisa ga y gal tab kirim office dokumen dari my file lewat email,kalau bisa gimana caranya,kok saya cba kirim lewat gmail bawaan pilihan attach cuma langsung ke galeri saja

  9. 9 Agustus 2012 pukul 02:44

    Om gimana y caranya kirim office dokumen yg di my file lewat email di galaxy tab, soalnya saya coba2 krm email plih attachment msuknya lgsg galeri,ga ke my file

    • 10 Agustus 2012 pukul 04:34

      Dari daftar My Files di tengah-tengah daftar file ada kotak : cek (di tap sehingga muncul tanda rumput). Kemudian tap tanda panah di kanan atas akan muncul beberapa daftar icon aplikasi yang akan dipergunakan, diantaranya pasti ada Gmail, pilih Gmail apabila akan mengirimkan file sebagai attachment. Sederhana kan ?

  10. Donny Kaparang
    15 Agustus 2012 pukul 01:25

    Galaxy Tab yang manakah yang mumpuni dan performanya setara dengan ipad 3? mohon infonya?

  11. nova
    15 Agustus 2012 pukul 07:55

    Saya awam mengenai Tab saya ada rencana membeli ipad atau samsung tab utk anak saya karena buat game aja menurut saudara saya pilih yang mana karena suami saya suruhnya ipad byak games nya makasiih byak

    • 15 Agustus 2012 pukul 18:17

      Kalau menginginkan performa silakan pilih iPad, tetapi game di iPad mahal, kecuali kalau dijailbrake yang mengakibatkan garansi hilang. Kalau game yang murah / gratis lebih banyak di Google Play

  12. Chairul
    31 Agustus 2012 pukul 15:14

    susah payah saya mencari perbandingan GTab dengan ipad. revrensinnya detile sekali. trimakasih infonnya.

  13. macata
    1 September 2012 pukul 22:42

    Terima kasih byk ats infonya.. Sangat membantu sekali u/ saya dlm memilih tablet yg sesuai

  14. 3 September 2012 pukul 01:21

    kalau daya baterai, kuat mana gan antara ipad 2 vs galaxy tab 2???

  15. yanto
    3 September 2012 pukul 10:46

    Nice info. Saya jadi gak nyesel pilih SG-Tab. Namun saya baru menemukan sedikit kendala saat akan mengirim file attachment menggunakan gmail maupun yahoo melalui Galaxy Tab 2 10.1 saya, setelah attachment saya masukkan saat compose new email (file attch langsung tampil di badan email dekat subject), saya lanjutkan mengisi subject, isi email, dan ketika saya kirim, ternyata penerima email saya tidak menerima file attachment tsb.Mohon pencerahan Bapak dan kawan2 untuk permasalahan saya ini. Maklum untuk urusan oprek2, saya agak gaptek hehehehe….
    Terimakasih sebelumnya….suskses terus untuk Bapak….

    • 12 September 2012 pukul 10:06

      Coba dibalik … seperti pada pembahasan nomor 12 di atas, dari File Manager –> centang file –> tap tanda panah ‘send to’ pilih via GMail … Pengalaman saya kirim file via Galaxy Tab, nggak pernah ada masalah ….

  16. Billy
    5 September 2012 pukul 11:50

    Mantaps sekali, thanks a lot man…

  17. Huurun
    7 September 2012 pukul 09:13

    Alhamdulillah, Jazaakallahu

  18. 12 September 2012 pukul 09:42

    Bagus sekali mas tulisannya. Sangat berguna bagi kami yg masih awam tentang hal tsb. SG-TAB agar bisa digunakan dgn infokus bgm caranya dan perangkat apa yg diperlukan serta di mana mendapatkannya. Thank’s

  19. huurun
    15 September 2012 pukul 05:48

    Assalamualaikum. Akhi tab 8.9 ana setelah dibeli tak bisa konek ke pc. Gimana nih, jazaakallahu

    • 15 September 2012 pukul 06:20

      Galaxy Tab saya adalah versi pertama dan saat USB dicolok di Windows 7 langsung dikenali sebagai drive / flashdisk.

      Sepertinya begini … Kalau di Windows 7 langsung ke-detek, kalau Windows XP kayaknya harus ada driver yang diinstall.

      Kalau Galaxy Tab 8,9″ versi ke-2, sepertinya harus di set di menu setting agar saat dicolok ke PC difungsikan sebagai USB Drive (keterangan muncul di layar Tablet).

  20. pandu dewanthoro
    27 September 2012 pukul 01:00

    Infonya luar biasa sekali mas, saya jd mantep beli galaxy tab.
    Nah saya mau tanya mas, sekarang saya pakai galaxy tab 2. Pertanyaan saya ceritanya saya masukin SDcard temen ke tab saya, setelah saya cabut ternyata ada beberapa folder yg ada di SDcard temen saya ter-copy di tab saya, tp folder2 itu kosong. Apakah itu virus? Terus gimana cara nanganinya. Mohon petunjuknya mas 🙂

    • 27 September 2012 pukul 17:29

      Trims komentarnya … Kalau folder yang tercopy belum tentu virus, tetapi sebaiknya hati-hati, siapa tahu memang benar virus. Tetapi walaupun itu virus nggak akan berpengaruh terhadap sistem Android , hanya saja bisa menular ke media lain jika terhubung ke Windows

      • pandu dewanthoro
        29 September 2012 pukul 19:42

        Oh iya ada lagi mas, ngga cuma folder2 temen saya ter-copy ke tab saya, tp file2 di media saya spt image, video, music ter-copy, jadi double gitu mas, tp yg satu unable to open/does not exist. Itu kenapa ya mas? Gimana cara nanganinya? Makasih banyak info dan ilmunya mas, jazakallah 🙂

  21. 30 September 2012 pukul 05:17

    He he he … maaf aku belum pernah mengalaminya dan belum bisa jawab. Namun ada kemungkinan bahwa itu adalah shorcut virus. Coba dihapus dengan aplikasi My Files

  22. johnny
    4 Oktober 2012 pukul 12:44

    Kartu sim hasil potong masih bisa dipake koj. Selama sisa potongannya jangan dibuang. Dulu saya pake iphone 4, ganti ke gal tab 2, masih pake sim card lama. Tinggal di jejalin aja ke bingkainya….hehe. cuma pegangnya hati2 takut lepas. Atau kalo mau lebih aman bisa di lem kok.

  23. dee
    8 Oktober 2012 pukul 14:54

    Maaf mas, mau tanya samsung yg mas gunakan seri apa?
    Dan mau tnya jg beda nya p5100 dan p5110 kan cm bisa sms n tlp ajj, n p5110 cm wifi jj, kira2 klo mau internertan ambil p5100 bagus gg sey?
    Atau ada perbedaan yg sangat signifikan?

    • 8 Oktober 2012 pukul 15:35

      Kan diawal sudah saya sebutkan bahwa punya saya Samsung Galaxy Tab 8,9 in seri GT 7300. Kalau seri P kayaknya Handphone itu ya ? Maaf … kebetulan saya nggak punya HP Android …

  24. voda11
    9 Oktober 2012 pukul 18:10

    Bisa install aplikasi androzip jg d gtab mas..semacam aplikasi file manajer tp lbh bgs dr my files dan pastix gratis 🙂 dan klw mw attach file bisa lngsung terbaca (jd pilihannya bkn cm galeri lg)

  25. Lily
    23 Oktober 2012 pukul 00:17

    Mas mohon bantuannya, galaxy tab 2 sya yg 10,1 sewaktu dihubungkan ke laptop tidak terbaca, dr laptopnya terdeteksi sebagai camera dan file didalam galtab tsb tidak bisa dipindah atau ditambahkan, solusi ny bgmana y mas? klau ad driver yg msti diinstal, driver ap and bs ddapatkan dmn y? Thanks before 😀

    • 28 Oktober 2012 pukul 08:28

      Kata anak saya, harus diinstall Drivernya dulu … Cari di google dengan keyword “Samsung USB Driver”

  26. vera
    30 November 2012 pukul 17:59

    Maaf mau tanya, sy menggunakan galaxy tab 2 10.1. Bagaimana caranya membuka file unduhan baik berupa software maupun file pdf/ attechment. Selalu ada tulisan ” file tidak bisa dibuka”. Trimakasih atas jawabannya.

    • 1 Desember 2012 pukul 11:19

      Waduh … karena saya nggak pegang barangnya saya nggak bisa jawab … Tapi pengalaman saya kalau message errornya seperti itu biasanya disebabkan aplikasi pembukanya nggak ada, misal file attachment mempunyai ekstensi zip, exe, dll

      • vera
        2 Desember 2012 pukul 15:54

        Jadi untuk bisa membuka semua jenis file, harus pakai aplikasi pembuka apa mas?

      • 3 Desember 2012 pukul 05:23

        He he he … Nggak ada satu aplikasi yang bisa membuka semua file. Hanya saja, ada aplikasi penting di Android yang belum terinstall : Ekstraktor (zip / unzip).

        Untuk itu salah satu yang bisa diinstall adalah Androzip (cari di google play). Namun yang perlu diketahui, misal ada file “zip” tidak bisa langsung dieksekusi filenya, tetapi harus dibuka melalui Androzip.

  27. vera
    4 Desember 2012 pukul 23:04

    ok tq. Kalau untuk file exe?

    • 13 Januari 2013 pukul 06:09

      He he he … kalau file exe kan aplikasi windows … Pasti nggak bisa dieksekusi di Android. Hingga saat ini saya belum menemukan aplikasi emulator sepetti “Wine” di Linux untuk menjalankan dan menginstall aplikasi Windows di Android

  28. meimei
    17 Desember 2012 pukul 09:03

    Saya bingung mau beli iPad atau galtab

  29. syaifrahmat@yahoo.com
    8 Januari 2013 pukul 16:32

    mau nanya aja gan, gambar di email yang ane buka pada samsung galaxy tab 2 10.1 kenap ngak tampak ya? hanya ada gambar tanda tanya (“?”) kecil ditengah-tengah. apa masalahnya dan gimana cara settingnya? makasih

  30. riko
    13 Januari 2013 pukul 01:37

    Bagaimana cara melampirkan email (doc, excel, power point) d Gtab ya?

    • 13 Januari 2013 pukul 10:45

      Lihat jawaban saya untuk Frederikus 13 di atas … Kalau caranya seperti tertulis di nomor 12 artikel di atas. Hanya saja bukan dipilih Bluetooth tetapi Email / Gmail …

  31. 18 Februari 2013 pukul 10:06

    kenapa keyboard bluetooth saya di tab SG 2 tidak bisa connect ya? waktu di sync juga tidak ke detect. gimana solusinya ya??

    • 18 Februari 2013 pukul 10:18

      Bisa macam-macam penyebabnya. Mungkin perangkat keyboard bluetoothnya bermasalah. Mungkin pelu dicoba dulu di laptop yang ada bluetoothnya. Secara umum bluetooth di Android mengenal dengan baik bluetooth perangkat lain

  32. 18 Februari 2013 pukul 10:27

    tadinya bisa buat ngetik, lalu saya matiin. waktu saya nyalain lagi, bluetooth key nya saya connectin…waktu sync..tiba2 di pencet unpair..gimana tu gan?

  33. Khairiza Purnama
    4 Maret 2013 pukul 21:03

    Apa yang buat artikel ini kerja di perusahaan samsung ? artikelnya berkesan mendiskriminasi apple dan mempromosikan samsung. Tapi mau bagaimanapun ini artikel bagus, saya hargai. good job.

    • 4 Maret 2013 pukul 21:53

      Ha ha ha … saya bukan pegawai Samsung, tetapi pegawai Bank yang kebetulan mendapatkan iPad hadiah dari kantor karena sering membuat artikel. Sedangkan Samsung Galaxy Tab saya beli dengan cara mencicil via kartu kredit selama 1 tahun.

      Di awal artikel sudah saya sampaikan bahwa tulisan ini saya buat berdasarkan kesan saya selama menggunakan kedua gadget, sehingga jauh dari “pesanan” sponsor. Tapi terus terang saya beberapa tahun berkecimpung di OS Ubuntu Linux, Windows, Blackberry dan Android secara otodidak. Background saya juga juga bukan orang IT, saya adalah alumni Teknik Kimia. Aneh ya ?

      Oh ya, perlu saya ceritakan juga bahwa OS Galaxy Tab saya sudah diupgrade ke versi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich sehingga saat ini jauh lebih responsif dan tampilan juga lebih jernih. Tahukah Anda siapa yang mengopreknya ? Anak saya yang baru kelas 3 SMP ! Pernah juga diupgrade ke Jelly Bean 4.2 unofficial, tetapi malah tambah ngelag, sehingga di downgrade kembali.

  34. boy
    25 Maret 2013 pukul 03:15

    Good review Sir…cara anda compare kedua tablet based on personal experience (unbiased), sangat fair. Namun kembali lagi ke masing2 user,right?
    Ada yang butuh Ipad hanya untuk easy UI (User Interface) dan games only.
    Di lain sisi, Galaxy tab lebih customize friendly (root), Tetapi jg bisa dipakai untuk bekerja dan bermain games.
    Buat saya, Iphone and Gal.note 10.1 are d perfect pair :)… Masih nunggu Galaxy note 8.0 keluar hehe…
    Anyway, kudos for your work Sir!!
    Thanks

    Brgds,
    Boy

  35. 1 April 2013 pukul 23:34

    Saya punya Samsung Galaxy Tab 2 10.1 dan kartu SIM yang saya gunakan adalah Simpati. Untuk mencoba konektifitas internet saya beli paket harian Rp. 6.000 dgn quota 40MB. Awalnya konektifitas internet lancar saya dapat buka http://www.google.com, facebook dan download Opera Mini tetapi setelah itu ketika saya buka Play Store hasilnya loading terus menerus sampai waktu untuk ulang loading lagi. Pertanyaan saya apa masalah loading Play Store yg tidak finish disebabkan dengan quota paket kartu SIM saya atau masalah setting pada tablet Samsung saya ?
    Terima kasih atas sarannya.
    B. Rgds
    Reznan

    • 2 April 2013 pukul 05:54

      Kalau saya berpendapat bahwa itu bukan disebabkan oleh setting di tablet tetapi karena speed koneksi internet. Speed koneksi internet dipengaruhi oleh paket yang dibeli, kedekatan lokasi kita dengan BTS dan kondisi providernya.

      Saya juga sering mengalami hal serupa jika speed koneksi internet sedang bermasalah.

  36. fg
    16 Juni 2013 pukul 10:51

    saya mau tanya file2 video yg ada di website ko tidak bisa di buka ya, yg muncul a plug in needed to display this content. kenapa ya ? mohon bantuannya. terimakasih sebelumnya

    • 19 Juni 2013 pukul 14:12

      Apakah Anda menggunakan Firefox mobile versi di bawah 11 ? Kalau ya, coba update dulu.

      • erlina
        1 Juli 2013 pukul 00:32

        ulasan yg sangat membantu untuk saya yg br pegang tab 2.7
        mau tanya nih pak, wkt saya mo share wifi ke laptop saya kok ga bs2 ya, koneksinya sdh brhasil dn dikenali oleh laptop saya, tp dmintain kode, saya bingung kodenya apaan ya?
        trimakasih sebelumnya

      • 1 Juli 2013 pukul 06:11

        Password harus di setting di menu Setting –> More Setting –> Tethering & Portable Hotspot –> Set up Wi-fi hotspot : isikan nama Network SSID dan security passwordnya.

        Beberapa versi Android yang pernah saya lihat alurnya seperti itu. Tetapi intinya adalah Anda harus men-setting nama SSID dan security password di tablet agar koneksi internet bisa di sharing dengan gadget yang lain.

  37. 12 September 2013 pukul 02:10

    I used to be recommended this blog by means of my cousin.
    I am now not sure whether or not this post is written via him as nobody else recognize such designated about my problem.
    You are amazing! Thanks!

  38. 7 Oktober 2013 pukul 20:26

    Halo bang, kenapa dengan polaris document di samsung galaxy saya saat paste dari copy di internet koq ndak bisa? Padahal uda saya tap lalu muncul copy text. Mohon pencerahannya?

    • 7 Oktober 2013 pukul 20:31

      Terkadang, permasalahan ada pada memory handset yang terbatas. Sewaktu menggunakan Polaris Office saya juga sering mengalami hal itu.

      Coba install aplikasi office lain seperti yang saya gunakan saat ini Kingsoft Office.

  39. ron black
    12 Oktober 2014 pukul 18:25

    saya pake android tab samsung 2 layar 10′ kenapa kalau pake kartu 3 tidak bisa email? selalu servernya gagal bila ada yg tahu mohon info dong tanks sebelumnya

  40. 27 Mei 2016 pukul 01:25

    Mantap bos…siiip….jadi ada referensi untuk milih samsung atau ipad untuk menulis artikel dalam perjalanan atau mobile

  1. 24 Desember 2014 pukul 22:43

Tinggalkan komentar